Mode Jurnal 4 F (Facts, Feelings Findings, Future)
Kertas warna-warni yang menghadirkan inpirasi. Inpirasi dalam menciptakan suasana kelas yang hidup, enerjik, dan aneka pengalaman baru seperti warna-warni kertas stcky notes. Kertas kecil warna-warni menarik yang kukenal dalam sesi Lokakarya Calon Guru Penggerak.
Mengingat respon kami dengan penggunaan kertas sticky notes pada kegiatan lokakarya, sehingga timbul ideku untuk menggunakannya di kelas ketika bersama siswa-siswiku. Jika kami sebagai orang dewasa saja begitu antusias ketika menggunakannya, asumsiku tentu lebih lagi bagi anak-anak seusia mereka. Dan benar saja, berawal dari satu kelas, hingga akhirnya mampu kuterapkan di semua kelas yang kuajar, reaksi yang diberikan semua sama. Kelas menjadi penuh dinamika, seru dan pembelajaran siswa aktif terwujud.
Secara umum tiada kendala berarti karena siswa belajar dengan penuh antusias. Hanya saja terkait dengan penyediaan sticky notes yang memang lumayan menguras isi kantong. Bisa dibayangkan dengan enam kelas yang diajarkan, butuh persiapan yang tidak sedikit. Belum lagi sikap siswa yang terkadang usil, kertas sticky note bagiannya dijadikan mainan sehingga meminta tambahan kertas baru meski sudah beberapa kali diingatkan untuk menggunakannya seefektif dan efisien mungkin.
Terkait kendala ini muncul ide untuk mengusulkannya kepada pihak sekolah agar dapat menyediakan kerta sticky notes ini agar dapat digunakan juga oleh guru-guru lain. Sehingga semangat berubah itu bisa menyebar pada yang lain. Karena bisa jadi keterbatasan biaya membuat guru-guru lain enggan untuk menggunakannya meski disadari sisi kebermanfaatannya dan pengaruhnya terhadap terciptanya pembelajaran yang menyenangkan dan keterlibatan yang optimal bagi siswa-siswi yang sebelumnya cenderung pasif.
Melihat reaksi anak-anak di semua kelas yang saya ajarkan membuat saya bahagia dan semakin termotivasi untuk selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk mereka. Semakin saya menyadari bahwa peran saya sebagai pemimpin pembelajaran sangat berarti dalam menumbuhkan semangat dan motivasi belajar bagi siswa-siswi.
Pembelajaran berharga yang saya dapatkan adalah bahwa semangat kita sebagai guru ketika bertemu dan berhadapan di kelas sangat memberikan pengaruh terhadap siswa-siswi kita. Jika kita datang dengan wajah ceria dan motivasi yang tinggi tentu respon siswa-siswi kita juga demikian. Berbeda ketika kita hanya sekedarnya saja menyiapkan diri bekal bertemu di kelas, tentu reaksi siswa-siswi kita menjadi terbatas pula, bahkan mereka cenderung pasif dan kurang peduli dengan proses pembelajaran yang berlangsung.
Berdasarkan pengalaman tersebut saya menyadari bahwa masih butuh kreativitas dan kesabaran yang tinggi, untuk dapat menjadi guru yang dirindukan. Terkadang kita menyalahkan siswa-siswi kita karena kurangnya respon positif mereka terkait pembelajaran, padahal kenyataan kita sebagai guru masih menerapkan sikap egois dan igin menang sendiri. Kurang memedulikan kebutuhan siswa-siswi kita. Masih mengajar dengan metode yang monoton dan seringkali mati gaya dalam menghadapi siswa-siswi kita.
Setelah melakukan praktik berulang kali di kelas berbeda, saya semakin yakin bahwa bila saya rutin menggunakan berbagai media yang menarik salah satunya dengan menggunakan kertas sticky notes tentu akan meningkatkan semangat belajar siswa-siswi saya ke depannya, menambah partisipasi aktif mereka dalam berkolaborasi dengan teman-temannya. Sehingga kelas benar-benar hidup dengan beragam minat serta kecenderungan siswa-siswi saya, ibarat warna-warni pelangi.
Bima, 4 November 2023
Tidak ada komentar:
Posting Komentar